RABU, 08 DESEMBER 2010 | 00:23 WITA | 97657 Hits
Share |

Milan vs Ajax
Tanpa Jol di San Siro

GOOD BYE. Martin Jol mundur dari Ajax Amsterdam sesaat sebelum laga melawan AC Milan dinhari nanti. (Foto AFP)
MILAN -- Ajax Amsterdam berangkat ke San Siro guna menantang AC Milan, dini hari nanti di laga terakhir fase grup Liga Champions, dalam keadaan limbung. Sebab, Martin Jol memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Ajax.

Tersingkir dari Liga Champions serta performa Ajax yang tak begitu istimewa di Eredivisie Belanda musim ini, membuat petinggi Ajax kecewa berat. Akhirnya, Ajax dan Jol bersepakat mengakhiri kontrak.

Dengan begitu, ketika menantang Milan, Ajax akan didampingi Frank De Boer yang selama ini berstatus asisten pelatih. Lagipula, hasil laga dini hari nanti hanya akan menentukan apakah Ajax berhak melaju ke Europa League atau tidak.

"Sangat menyakitkan hati saya mengucapkan selamat tinggal pada klub yang indah ini. Pada musim panas tahun lalu karena memulai sesuatu bersama dan saya ingin menyelesaikannya," ungkap Jol, seperti dilansir situs resmi UEFA.

"Sayang, saya tidak bisa memenuhi harapan setelah musim lalu tampil cukup bagus. Kami gagal memenuhi target dan itu sangat menyakitkan bagi saya. Kritik yang dilontarkan kepada klub setiap harinya terlalu menyakitkan bagi pemain dan organisasi," lanjutnya.

Selama membesut Ajax, prestasi terbaik Jol adalah menjuarai KNVB Cup pada 2009-2010. Lalu, musim lalu mereka gagal menjuarai Eredivisie Belanda dengan hanya tertinggal satu angka di belakang FC Twente yang menjadi juara.

"Apa yang diputuskan kali ini bukan disebabkan oleh prestasi yang bagus musim lalu. Kami mampu lolos ke fase grup Liga Champions. Itu penting bagi kami dan dia telah mengembangkan banyak pemain," bilang Rik van den Boog, direktur Ajax.

Namun, Jol sepertinya tidak perlu terlalu risau akan karirnya setelah lepas dari Ajax. Sebab, mantan manajer Tottenham Hotspur dan Hamburg SV itu langsung dikaitkan dengan Newcastle United yang sebelumnya telah memecat Chris Hughton.

Sementara itu, tanpa Jol, maka de Boer sementara berstatus pelatih karteker. Mantan pemain Ajax dan Barcelona itu akan menangani klub berjuluk De Amsterdamers tersebut hingga libur musim dingin sembari mencari pelatih anyar.

Saat ini, performa Ajax memang kurang menggembirakan. Mereka hanya mampu bertengger di peringkat keempat klasemen sementara Eredivisie dengan koleksi 32 poin dari 17 laga. Mereka tertinggal lima angka di belakang PSV Eindhoven yang memuncaki klasemen. (ham)

KOMENTAR BERITA "Milan vs Ajax "


Redaksi: redaksi@fajar.co.id
Informasi pemasangan iklan
Hubungi Mustafa Kufung di mus@fajar.co.id
Telepon 0411-441441 (ext.1437).